Yang Perlu diketahui Sebelum Ngeblog

APA ITU BLOG?

Blog, juga disebut weblog atau web log adalah sebuah website yang bukan hanya terdapat posting atau artikel tetapi juga dilengkapi dengan komentar dan link yang memungkinkan interaksi lebih. Blog menyajikan berita dengan sistem entri terbaru muncul di halaman depan.
Beberapa istilah:
  • Blogger : Orang yang menulis konten untuk blog
  • Blogging : Kegiatan menulis konten itu sendiri
  • Blogsphere : Komunitas online blogger
Blog memiliki berbagai fungsi tergantung niat pembuatnya, kadang hanya untuk berbagi atau bahkan sebagai ladang uang.

SYARAT SUKSES UNTUK BLOGGING

Banyak yang awalnya hanya 'pengen' lihat blog teman atau 'iseng' membuat blog. Sebagian berhasil dan lebih banyak yang terhenti. Mungkin beberapa hal ini terlupakan dan belum direnungkan sebelum memulai apa yang kita sebut 'Blogging'

1. Anda Mempunyai Waktu dan Anda Senang
Perlu diperhatikan kegiatan blogging agar sukses nantinya diperlukan sebuah interaksi yang cukup menyita waktu. Misalnya saja blogwalking dan bertukar komentar. Anda akan banyak menghabiskan waktu di depan komputer Anda dan Anda harus menikmatinya.

2. Anda Suka Menulis
Mustahil bagi Anda 'sukses' blogging' jika Anda malas menulis. Kegiatan blogging melibatkan banyak hal dengan menulis. Jika Anda tidak suka menulis, dunia blogging saya rasa tidak tepat atau Anda tidak akan sukses.

3. Anda Senang Dengan Topiknya
Membuat blog berarti Anda harus menentukan apa topik Blog Anda. Agar bisa bertahahan pilihlah topik yang tepat. Tulisan Anda tidak akan maksimal jika Anda tak menyukai topik Anda sendiri. Maka blog dipastikan tak akan berkembang.

4. Anda Perlu Komitmen
Jika Anda memutuskan untuk blogging, maka Anda harus mempunyai komitmen. Contoh mudah, masukkan kegitan blogging dalam jadwal kegiatan Anda.

5. Anda Berani Beropini
Salah satu kekuatan tulisan adalah Opini. Opini yang bagus akan terbentuk jika Anda mengalaminya sendiri. Berdasar pengalaman tulisan akan jauh lebih valid. Nah, karena Anda berada pada sebuah kualitas online yang super besar maka bisa saja muncul banyak pendapat berbeda mengenai opini Anda. Blogger sukses adalah jika ia berhasil membangun opini yang baik dan mampu menghdapi kritik negatif.

6. Anda Bersedia Untuk Terus Belajar
Di dalam persaingan yang semakin ketat ilmu berkembang begitu cepat. Jika Anda ingin sukses Anda harus menemukan hal-hal baru dan itu hanya bisa didapatkan jika Anda terus belajar. Rajin menemui 'mbah google' dan blogwalking untuk pengetahuan baru.

MEMILIH TOPIK

Sudah pernah saya katakan topik mempunyai peranan yang sangat penting. Topik menentukan jangka panjang Anda. Topik yang memberikan batas bagaimana dan apa yang harus anda posting. Bukan sekedar posting dan mencampurkan berbagai hal dalam satu ruangan.

Berikut adalah beberapa tips memilih topic sebelum Anda memulai kegiatan blogging...
  1. Pilih Topik Yang Anda Kuasai : Blogging membicarakan jangka panjang. Mewajibkan Anda selalu update artikel Anda. Jika Anda tidak menguasainya tentu sangat kesulitan untuk setiap harinya dapat menyajikan berita segar. Dalam penulisanpun Anda tidak akan mampu menyampaikan dengan baik dan Anda akan bingung jika Ada orang yang bertanya lebih jauh sedang Anda tidak menguasai topik blog Anda
  2. Pilih Topik Yang Anda Senangi, Posting tiap hari memberikan kejenuhan yang hebat. Tetapi kejenuhan itu akan sedikit berkurang kalau Anda benar-benar senang dengan topik Anda. Jangan memaksakan topik yang tidak Anda sukai.
  3. Pilih Topik Yang Anda Suka Mendiskusikannya
  4. Pilih Topik Yang Tak Terlalu Sensitiv Terhadap SARA
  5. Pilih Topik Yang Membuat Anda Selalu Merasa Nyaman Untuk Mengembangkannya

TIPE POSTINGAN
Tidak semua tipe postingan akan cocok dengan blog Anda. Anda bisa memilihnya sendiri. Tetapi tipe-tipe postingan di bawah ini benar-benar beredar di kancah dunia maya. Saatnya Anda untuk meninggalkan bahasa robot dan mencoba berbagai gaya postingan tanpa meninggalkan tema blog Anda. Mencoba beberapa gaya 'akan' membuat blog Anda lebih berwarna dan pengunjung tak akan bosan.

Berikut beberapa tipe postingan:

1. Instruksi... Posting seperti ini menjanjikan untuk jangka panjang karena orang browsing cenderung untuk menemukan tentang 'bagaimana melakukan sesuatu' dan celah bagi Anda untuk memberinya jalan keluar.

2. Informasi... Jika Anda memperhatikan wikipedia tentu Anda mempunyai jawaban betapa ampuhnya posting informasi. Memberitakan tentang suatu topik dan memberikan definisi singkat.

3. List... Mudah buat kita dan mudah juga menarik pengunjung. Tipe ini misalnya saja berjudul "5 Hal Mengenai Blogger", "4 Trik Header", "6 Hal tentang Link" dan lain-lain.

4. Problem... Tidak pernahkah Anda berpikir seseorang selalu mengetikkan 'problem' di google. Mereka selalu mengetikkan "Masalah Perhotelan", "Masalah dalam Pergaulan", "Masalah Berat Badan", "Berbagai Masalah Dalam Hidup". "Berbagai Masalah Pendidikan"
Tidakkah Anda berpikir ini sebuah peluang, Anda tinggal menambahkan di depannya "Cara mengatasi...", "Bagaiman Menghindari...", "Tips Melawan..." dan masih banyak lagi...

5. Link... Dalam sistem ini Anda tinggal memberikan pengantar dan artikel utama terdapat di blog lain. Anda cukup menyediakan linknya saja. Meskipun begitu, tanpa susah posting panjang Anda tetap terindeks jika judul Anda bagus...

MENENTUKAN NAMA DOMAIN
Mungkin artikel ini hanya tepat buat para pemula atau orang yang baru saja membuat blog seperti saya, karena kebanyakan blogger telah mendapatkan nama domain mereka. Tapi pertanyaannya, apakah mereka memiliki nama yang tepat? Setelah mempertahankannya berbulan-bulan? Nah, bagi pemula yang 'masih akan' menentukan nama domain Anda, baiknya Anda jangan terburu-buru sebelum menuntaskan membaca artikel saya, karena saya menyajikan beberapa kasus yang 'sangat' bisa Anda pertimbangkan.

1. URL dan Nama Blog
Mungkin Anda kurang memperhatikan ini. Keterkaitan nama blog dan URL blog sangatlah penting. Ketika Anda mempunyai nama blog "Tip Komputer" dan URL blog Anda adalah "sekedarngoceh.com" maka itu sebuah hubungan yang sangat tidak baik. Seharusnya ketika orang mendengar tentang situs Anda, maka mereka tahu kemana mereka harus mengarah dan mengetikkan URL. Bayangkan jika mereka mendengar desas-desus tentang blog "Tip Komputer", otomatis kebanyakan orang mengetikkan "tipkomputer.com" dan tak ada sedikitpun yang berpikir ke "sekedarngoceh.com". Anda akan kehilangan satu pelanggan yang membawa lari orang-orang yang seharusnya menjadi pelanggan Anda juga.

Jika Anda masih bingung menetukannya, mengapa Anda tidak memesan domain gratis seanyak mungkin jika Anda tidak ingin tertinggal. Dapatkan domainnya terlebih dahulu dan sebenarnya Anda telah satu langkah di depan dan domain itu siap digunakan nanti.

2. Khususkan Nama
Jika kebanyakan orang berpikir nama blog harus lah nama umum itu salah besar. Jika blog Anda mempunyai jasa dalam penjualan mobil, maka salah besar jika Anda menggunakan nama blog anda "mobil.com" karena orang yang 'benar-benar ingin membeli' bukanlah orang bodoh dan mereka telah menentukan merknya terlebih dahulu. Mereka akan mengetikkan hal yang spesifik di google search. Bukan mengetikkan kata bodoh "beli mobil" yang menghasilkan lebih banyakpencarian, tetapi (misal) mereka akan mengetikkan "beli mobil toyota murah" yang memberikan mereka sedikit pilihan tetapi tepat sasaran.

3. Panjang Pendeknya Nama
Ada dua pihak yang memperdebatkan 'baik buruk' nya nama panjang dan pendek. Golongan pertama menyebutkan nama yang pendek lebih mudah diingat. Misal saja "wifi.com" daripada "wirelessfidelity.com"

Lain lagi menyatakan nama domain pendek kurang bagus karena menganggap memori manusia lebih mudah mengingat yang 'agak panjang'. Misal untuk kata "aehm.com" justru akan sulit dihafal ketimbang "alatelektrohargamurah.com". Golongan kedua berpendapat juga panjangnya nama domain lebih mudah dicari di mesin pencari, karena sekali lagi lebih 'spesifik'.

Nah, tinggal bagaimana kebijakan Anda. Ini semua digunakan pada kasus yang berbeda sesuai dua contoh di atas. Saya pribadi lebih suka menggunakan nama yang singkat, tetapi dengan syarat unik dan mudah diingat.

4. Masalah Tanda
Jika Anda membubuhkan tanda pada domain Anda ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan.

Kerugian:
  • Pengunjung sangat mudah melupakan tanda saat mengetikkan URL. Pembaca lebih mudah mengetikkan www.computerhero.com ketimbang www.computer-hero.com Nah satu perbedaan kecil dalam mengetikkan URL telah memberi nilai lebih situs pesaing Anda.
  • Jika seseorang menceritakan situs Anda secara lisan, "Aku kemarin download video di computer hero dot com, cepat dan gratis". Mereka yang mendengar tentu cenderung mengetikkan "computerhero.com" dan bukan "computer-hero.com"
Keuntungan:
  • Search Enginee akan lebih mudah menemukan blog Anda karena kata kuncinya menjadi jelas.
  • Domain yang tanpa tanda seperti computerhero.com mungkin telah terjual sehingga ada banyak pilihan domain jika dengan membubuhkan tanda.
5. Bentuk Jamak
Kadang ketika Anda meminta permintaan domain, misal computer.com, dan ketika domain itu telah diambil orang lain, maka secara otomatis Anda diberi alternatif seperti:
MyComputer.com
TheComputer.com
Computers.com
Sebaiknya anda tidak memilih Computers.com karena kemungkinan sangat besar orang lalai mengetikkan huruf "s" dan itu mengarah pada situs pesaing Anda. Anda akan kehilangan pelanggan Anda.

Nah sekali lagi saya katakan pikirkan dahulu domain Anda sebelum memulai bisnis Anda di Internet yang begitu "sensitiv".


Sumber www.MasDoyok.co.cc

0 komentar:

Pengikut

Informasi Pendaftaran

Untuk teman-teman yang ingin mengikuti Kursus / privat komputer bisa menghubungi langsung :
IPI-LEPPINDO (Institusi Profesi Indonesia - Lembaga Pendidikan Profesi Indonesia)
Alamat : Jl.Raden Intan No. 57 C Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung.
Telp : (0721) 240731
Website : www.ipi-leppindo.com

MENGENAI PRIVATKOM

Foto saya
Memberikan solusi untuk teman-teman yang ingin belajar komputer secara cepat dan tepat.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP